Jenis-jenis Energi Alternatif

Manfaat Adanya PLTA
Maret 21, 2020

Jenis-jenis Energi Alternatif

PT. Indonesia Sejahtra MandiriBatu bara, minyak bumi, dan gas alam sangat berperan aktif sebagai sumber energi utama dalam keberlangsungan hidup manusia. Namun ketiga bahan bakar fosil tersebut masuk ke dalam sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui sehingga akan sangat menganggu keberlangsungan hidup manusia apabila telah habis.

Energi terbarukan atau energi alternatif dapat dijadikan solusi tepat dalam menekan laju penggunaan bahan bakar yang tiada hentinya tersebut. Energi alternatif sendiri diartikan sebagai energi pengganti yang dapat digunakan untuk mengurangi penggunaan bahan bakar konvensional seperti batu bara, minyak bumi, dan gas alam.

Energi alternatif ini juga sangat bermanfaat dalam mengurangi penggunaan bahan bakar hidrokarbon yang mengakibatkan kerusakan lingkungan akibat emisi karbon dioksida yang tinggi, yang berkontribusi besar terhadap pemanasan global. Berikut beberapa jenis energi yang dapat digunakan sebagai energi alternatif.

  1. Matahari

Matahari merupakan sumber energi terbesar yang dapat diperoleh secara gratis dan sifatnya yang tidak akan habis. Energi matahari ini dapat dijadikan sebagai pembangkit listrik yang paling efisien dan efektif.

  1. Biomassa

Merupakan energi yang berasal dari bahan organik seperti sisa-sisa atau bagian tumbuhan, kotoran hewan, dan sampah sisa makanan. Biomassa dapat menyediakan energi yang terus berkesinambungan.

  1. Angin

Proses pembentukan energi angin ini berasal dari turbin angin yang dapat mengubah energi kinetik menjadi energi mekanik. Energi mekanik ini yang nantinya dapat dimanfaatkan untuk berbagai aktivitas kegiatan manusia serta sebagai energi pembangkit listrik.

Selain dari ketiga energi tersebut, masih ada banyak lagi energi yang dapat digunakan sebagai energi alternatif yakni seperti air, uap, panas bumi (geotermal), nuklir, dsb. Setiap energi biasanya dimanfaatkan sesuai dengan tingkat kebutuhan dan faktor lingkungan sekitar. Misal pada daerah pesisir laut, maka pemanfaatan energi alternatif ada pada air atau angin. Dengan adanya pemanfaatan energi alternatif ini diharapkan dapat membantu dalam menjaga ketahanan energi dalam jangka waktu yang lama.

Untuk informasi selengkapnya, hubungi PT. Indonesia Sejahtra Mandiri melalui kontak dibawah ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

TELEPHONE